Kamis, 14 April 2011

MANFAAT DAN KEGUNAAN CC DAN BCC PADA EMAIL
A. kolom Cc
Ini merupakan kependekan dari “Carbon Copy“. Ini mirip dengan istilah pertama diatas. Bedanya terlihat kepada kesan kepada siapa email utama ditujukan, dan kepada siapa salinan email juga akan dibaca. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama. Jika anda sering menulis nota anda pasti tahu fungsi cc. Fungsinya sama seperti kopi karbon pada nota. Fungsinya adalah membuat kopi dari email yang dibuat. cc dapat diisi dengan alamat email pihak ketiga sebagai bukti bahwa kamu telah mengirimkan email tersebut, misalnya alamat email kantor. Semua alamat email baik yang ada pada ‘cc’ maupun ‘to’ dapat saling melihat alamat email masing-masing, dikirimkan kemana saja email tersebut, termasuk copynya.
B. Kolom Bcc
Kependekan dari “blind carbon copy“. Sedikit berbeda dengan Cc: seperti dijelaskan diatas. Disini, semua penerima yang dituliskan dibagian Bcc: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email Anda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom Bcc
Tujuan bcc adalah menutupi semua alamat email yang ada sehingga penerima email tidak dapat mengetahui email tersebut ditujukan kemana aja. Email tersebut seakan-akan ditujukan hanya kepada penerima email. Hal ini difungsikan untuk menghindari email spam, biasanya dipakai pada mailing list yang mengirimkan email pada banyak orang sekaligus. Penggunaannya yaitu dengan mengisikan alamat email anda sendiri pada kolom ‘to’, kemudian semua alamat email penerima pada ‘bcc’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar