Kamis, 31 Maret 2011

ALAT REPRODUKSI VEGETATIF GULMA



1)      Rhizoma atau akar rimpang, yaitu batang yang tumbuh mendatar yang terletak di bawah permukaan tanah. Rhizoma berbuku-buku kerana terdapat buku dan ruas dan bersisik,  dan di ujungnya ada kuncup. Pada ketiak sisik terdapat tunas. Contoh: lengkuas, kunyit, temulawak, alang-alang dan sebagainya. Pada rizom terdapat tunas-tunas yang akan berkembang menjadi batang, akar, dan daun.
Contoh :
Alang-alang (Imperata cylindrical)


2)      Stolon adalah (Bot) batang beruas-ruas panjang yang tumbuh horizontal di atas tanah, berakar dan bertaruk pada buku-bukunya yang menyentuh tanah; geragih atau Stolon adalah batang horizontal yang menjalar di atas atau dalam tanah maupun air. Pada buku-buku batangnya tumbuh tunas dan membentuk akar. Setelah beberapa waktu tanaman ini tumbuh memanjang dan menjauhi induknya lalu membengkok ke atas membentuk individu baru.

Contohnya : Rumput grinting (Cynodon dactylon),Sentro (Centrosema pubescens), eceng gondok (Eichornia crassipes), Pegagan (Centella asiatica, dan Agropyron repens.
3)      Bulb adalah bagian batang di bawah permukaan tanah, sangat pendek, dengan daun-daun tebal berbentuk sisik yang berdaging, dari ujung bawahnya (bonggol) tumbuh akar, dari ujung atas tumbuh batang (seperti bawang, gladiol) atau pelepah daun yang menebal dan berlapis-lapis, di antara lapisan terdapat tunas.
     Contoh: Allium veneale , Helianthus tuberosus
4)      Tuber
5)      Stem (batang) adalah pangkal batang membesar terdapat cadangan makanan dan tunas.
Contoh: Typhonium trillobatum.
6)      Corms adalah batang yang gemuk pendek berdaging dilapisi daun-daun yang meredusir seperti sisik. Contoh: Ranunculus bulbosus
7)       Root, adalah pembesaran akar terdapat makanan cadangan dan calon tunas.
            Contoh: Rumput teki Cyperus rotundus, Helianthus tuberosus

8)      Fragmentation
Kadang-kadang satu organisme patah menjadi dua bagian atau lebih, kemudian setiap bagian akan tumbuh menjadi individu baru yang sama seperti induknya. Peristiwa fragmentasi bergantung pada kemampuan regenerasi yaitu kemampuan memperbaiki jaringan atau organ yang telah hilang., algae berbentuk benang.


















                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar